Jumat, 21 Januari 2011

Games Untuk Pelatihan


By : Fendy
ENERGIZER

Energizer adalah game untuk menggugah semangat para peserta. Game ini bisa dilakukan ketika semangat para peserta terlihat agak menurun, atau hanya sekedar untuk mengawali suatu kegiatan agar semangat muncul.

1. COCONUT
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 Menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
Tidak perlu
Para peserta diminta mengeja C – O – C – O – N – U – T dengan menggerakkan jari tangan (dari tangan kanan) sesuai huruf yang dieja. Misalnya huruf C,
dia harus membuat bentuk C dengan jarinya, O, N. dst. Pemandu terlebih dahulu memberikan contoh. Keasyikan diperoleh ketika pengejaan huruf semakin dipercepat, disinilah para peserta banyak melakukan kesalahan yang cukup membuat peserta lain geli.

2. UHUY GAME/TAK TIK BOOM/7 BOOM
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
10-15 menit
Indoor atau Outdoor
15 orang atau lebih
tidak perlu
para peserta berdiri membentuk lingkaran, semakin banyak peserta semakin baik. Mereka diminta menghitung 1, 2, 3, dst. Setiap bertemu angka 3, kelipatan 3, dan angka yang mengandung angka 3 misalnya (3, 6, 12, 13) angka tersebut diganti dengan kata uhuy/boom. Bila ada yang salah maka ia harus keluar dari lingkaran, dan peserta yang mendapat giliran selanjutnya mengulang hitungan dari 1, tapi bisa juga dimulai dari peserta lainnya yang ditunjuk pemandu untuk mengulang hitungan. Semakin lama lingkaran akan semakin kecil, dan akhirnya hanya 2 orang saja yang berhadapan. Permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi di samping kegembiraan serta keceriaan yang terjadi selama permainan. Misalnya jika hitungan mencapai angka 30, maka yang terjadi adalah uhuy, uhuy, uhuy, dst sampai angka 40. meskipun demikian sangat jarang uhuy game ini mencapai angka 30.

3. BOOM BA GAME
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
15 orang atau lebih
tidak perlu
Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok ini dinamai kelompok Boom dan kelompok Ba. Pemandu berdiri di depan, memberi aba-aba. Bila ia melambaikan tangan ke kelompok Boom, maka kelompok itu harus mengucapkan “Boom”, tergantung cepat-lambatnya lambaian pemandu. Bila fasilitator melambaikan tangannya cukup lama maka kelompok boom harus mengucapkan “booooooooooom”. Demikian juga untuk kelompok Ba. Tergantung kepada pemandu ke arah mana ia akan melambaikan tangannya, dan berapa lama lambaiannya itu. Mungkin bisa terjadi “boom boom ba ba baaaaaaaa”, “ba ba ba”, dan selanjutnya, tergantung pemandu.

4. POINTING GAME
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
tidak perlu
para peserta berdiri membentuk lingkaran, semakin banyak peserta semakin baik. Mereka diminta menghitung 1, 2, 3, dst. Setiap bertemu angka 3, kelipatan 3, dan angka yang mengandung angka 3 misalnya (3, 6, 12, 13) angka tersebut diganti dengan kata uhuy/boom. Bila ada yang salah maka ia harus keluar dari lingkaran, dan peserta yang mendapat giliran selanjutnya mengulang hitungan dari 1, tapi bisa juga dimulai dari peserta lainnya yang ditunjuk pemandu untuk mengulang hitungan. Semakin lama lingkaran akan semakin kecil, dan akhirnya hanya 2 orang saja yang berhadapan. Permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi di samping kegembiraan serta keceriaan yang terjadi selama permainan. Misalnya jika hitungan mencapai angka 30, maka yang terjadi adalah uhuy, uhuy, uhuy, dst sampai angka 40. meskipun demikian sangat jarang uhuy game ini mencapai angka 30.

5. BATU-BATO-BATOTO
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
tidak perlu
Bentuknya hampir sama dengan Pinting game, perbedaannya hanya dengan menentukan suatu kode. Misalnya jika pemandu menyebutkan batu maka peserta harus memegang kepalanya, jika disebutkan bato maka dipegang pundaknya dan jika disebutkan batoto maka yang dipegang pahanya. Pemandu harus mengucapkan kode dengan jelas, keras dan semakin cepat. Selain itu juga pemandu mencoba menjebak peserta dengan menyebut kode yang salah. Misalnya ketika disebut bato maka pemandu memancing dengan memgang kepala dst.

0 komentar:

Posting Komentar