Jumat, 21 Januari 2011

Aneka Games Untuk Pelatihan


GET ACQUAINTED / GAMES / ICE BREAKING
Get Acquanitnted Game adalah game untuk saling mengenal para peserta.

1. ACTING GAME
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
10 menit
Indoor atau outdoor
10 orang atau lebih
Tidak perlu
Para peseta berdiri membentuk lingkaran, tidak usah terlalu rapat. Inti permainan ini adalah
memperkenalkan diri dengan berakting gaya apapun, ditambah menirukan gaya peserta sebelum nya. Misalnya salah satu peserta menyebut identitas (nama saya unang, fakultas Ushuluddin, asal dari …. Dst sesuai kesepakatan) dan mengahirinya denga meloncat dan melambaikan tangan, lalu peserta disamping nya mengulangi gaya nya (meloncat sambil melambaikan tangan) sambil menyebutkan nama peserta sebelumnya (nama dia unang), menyebutkan identitas dirinya sendiri (nama saya farid, fakultas dakwah, asal dari …dset), dan mengakhiri dengan gaya dia sendiri (misalnya menghentak-hentakkan kaki). Peserta selanjutnya memulai dengan menghentak-hentakkan kaki, dsb. Sebagai improvisasi dapat dibuat aturan menirukan gaya dua peserta sebelumnya, jadi dia melakukan 3 gaya, dua gaya peserta sebelumnya dan gaya dia sendiri.

2. BINGO
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah Peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atua Outdoor
10 orang atau lebih
Nama Tag (kartu nama) peserta
Para peserta menaruh kartu nama di tengah-tengah dengan posisi kartu tertutup. Masing-masing diminta mengambil secara acak dan berebut. Setelah itu mereka harus mencari si pemilik kartu nama, dan bila sudah ketemu harus mengucapkan “Bingo !”

3. TOSS A NAME
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
10 Menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
Bola plastik
Para peserta berdiri membentuk lingkaran. Pemandu mengawali dengan memegang sebuah bola, memperkenalkan dirinya sendiri (nama saya Unang), lalu melemparkan bola sambil menyebut nama rekannya yang lain secara acak sambil menyebut nama rekan tersebut atau bila belum mengenal namanya ia menyebut ciri-cirinya (misalnya baju biru). Unang mengucapkan “saya mau melempar bola ini ke dina yang memakai baju biru, tolong ditangkap”. Lalu dina menangkap bola dan menjawab “saya dina, terimakasih unang”. Dina melempar bola ke rekan yang lain sambil mengucapkan kalimat tadi, dst.


4. BEEP BOB SLURP SLORP (BIP BOP SLIP SLOP)
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peseta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
10 Menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
Tidak perlu
Para peserta berdiri membentuk lingkaran. Satu peserta berdiri di tengah (posisi center, untuk awal disarankan fasilitator, sekaligus menerangkan permainan). Peserta yang berdiri di tengah  menunjuk (bisa juga menghampiri ) salah satu peserta secara tidak terduga. Bila ia menucapkan beep, peserta yang di tunjuk harus menyebutkan nama peserta disamping kanan nya. Bop,menyebut nama peserta samping kiri nya. Slurp, menyebutkan nama peseta center, dan slorp, menyebut nama dirinya sendiri beep bop slurp slorp  ini di ucapkan secara acak untuk mengetes kecepatan dan konsentrasi para peseta. Bila peseta yang ditunjuk salah menyebut kan  nama , maka ia harus berdiri di tengah menggantikan  posisi center dan pesert yang sebelum nya menjadi posisi center menggantikan posisinya. Bila Game ini dilakukan cukup lama (sekitar 10 –15 menit )akan terjadi pertukaran posisi yang cukup banyak dibandingkan posisi awal, dan para pesrta akan saling mengenal  peserta lain.

0 komentar:

Posting Komentar