Sabtu, 26 Februari 2011

Aneka Games Untuk Pengajaran dan Pelatihan (Bagian 5)



1. JEMPOL JENTIK
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau outdoor
Seluruh peserta
Tidak perlu
pemandu memberi perintah pada peserta untuk mengikuti, menggenggam kedua tangan kedepan seperti posisi sedang memegang benda dengan posisi jari diatas.
Peserta diminta membuka jari kelingking tangan kanan bersamaan dengan ibu jari tangan kiri,
dan kembali mengepal seperti semula di lanjutkan membuka kelingking tangan kiri bersamaan dengan membuka ibu jari tangan kanan. Jadi seperti orang suit saat tangan kanan membuka jari kelingking maka tangan kiri membuka ibu jari begitu sebaliknya gerakan ini spontan dan semakin cepat.

2. MENGAMBIL PERMATA
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
10-15 menit
outdoor
2 kelompok masing-masing 7-10 orang
batu/tongkat/lidi jumlah ganjil 23/25/27 dst
pemandu meletakkan batu / tongkat / lidi dengan jarak 15-20 meter dari kelompok yang bertanding, batu atau tongkat atau jika tidak ada cukup dengan lidi oleh pemandu disusun sedemikian rupa sehingga jika di lihat dari posisi peserta berjumlahnya terlihat sedikit. Peraturannya setiap kelompok akan berlomba mengambil batu permata yang terletak diantara ranjau. Permata ini tidak dapat diambil sebelum ranjau ini habis setiap kelompok akan mengambil ranjau ini secara bergantian misalnya dimulai dari kelompok A maka selanjutnya kelompok B, dan A lagi dilanjutkan B dst, dan dalam mengambil ranjau setiap utusan kelompok boleh mengambil 1, atau 2 dan paling banyak 3. disini peserta diadu taktik siapa yang harus menghabiskan ranjau. Bagi peseta yang terakhir tidak mendapat bagian mengambil ranjau maka ia yang menang dan mendapatkan permata itu.

3. MEMINDAH BOM
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
10-15 menit
Indoor atau outdoor
4 orang per kelompok
benang nilon, potongan bambu diameter 10 cm, bola palstik
bambu diikat dengan nilon membentuk 4 arah dengan panjang 1 m. bola di letakkan diatas potongan bambu peserta diminta membawa bola tersebut kesatu tempat hingga aman dengan cara masing-masing peserta menarik nilon, jika bola jatuh maka diulang dari awal, yang dibutuhkan kerja sama dan kesabaran serta inisiatif dan kepemimpinan, diskusikan manfaat dari permainan ini.

4. MASUKKAN PIPET
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
10-15 menit
Indoor atau outdoor
4 Orang perkelompok
aqua gelas yang kosong, tali nilon, kapur/spidol
pada dasarnya hampir sama dengan permainan diatas, hanya disini peserta diminta memasukkan sedotan kedalam aqua gelas yang dilubang tepat pada tengah-tengah sebesar rokok. Berikan garis pembatas 1,5 meter persegi hingga tangan peserta tidak masuk dalam arena, peserta hanya dibolehkan memutar/pindah tempat. Dengan menggunakan 2 tali yang dimainkan oleh 4 orang dari 4 arah yang berbeda peserta diminta memasukkan sedotan kedalam lubang yang sudah disediakan di aqua gelas (kosong tanpa air), jika aqua gelas terguling maka diulang dari awal. Permainan ini dapat dibuat bersamaan dan menjadi semacam perlombaan. Bagi perserta yang berhasil dapat diwawancarai bagaimana tipsnya, jika beberapa peserta sudah banyak yang berhasil cukupkan dan diskusikan makna dari permainan ini.

5. BEBEK ENTOK
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau outdoor
15 orang atau lebih
tidak perlu
permainan ini cocok untuk selingan sejenak, tehniknya cukup gampang peserta diminta berdiri dan bernyanyi bersama. “Bebek bebek bebek entok, entok entok entok bebek. Bebek di entok entok, entok di bebek bebek, entok bebek entok entokan”. Sembai bernyanyi peserta memperagakan gaya jika lagu bebek maka tangan di pelengkungkan kedepan tangan kanan di depan dan yang kiri dibelakang seperti pala bebek sambil digoyang-goyang kedepan belakang. Sedangkan jika lagu entok maka tangan dipinggang dan goyangkan pinggul kekiri dan kekanan.

6. SOAL LATIHAN
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5 - 10 menit
Indoor
15 atau lebih
blangko soal acak
pemandu menyiapkan draf pertanyaan yang telah diketik komputer dan diperbanyak sesuai jumlah peserta. Intinya pemandu memerintahkan untuk “mengerjakan soal tersebut selama 3 menit untuk 21 pertanyaan”. Jawaban dari soal cukup di kertas soal tersebut. soal dibagi pada peserta dan dilarang membuka sebelum aba-aba dimulai. Dalam membuat pertanyaan pemandu dapat menyisipkan satu jawaban inti dari permainan ini di nomor hampir akhir. Contoh soal seperti berikut :
(untuk kepala/perintah soal) bacalah dalam waktu 3 menit soal dibawah ini.
1.       tulis nama mu di sudut kanan atas
2.       gambar gambar hati dibawahnya
3.       tanda tangani bagian sudut kiri jika selesai teriak hore.
4.       seluruh soal takperlu dikerjakan berbuatlah seolah-oleh sudah selesai.
5.       dst…..
Pemandu dapat membuat pertanyaan kunci pana no 16/17/18 usahakan pertanyaan kunci ini sejajar dan memiliki kesamaan kata maka peserta akan terjebak karena pada intinya adalah pada perintah soal yang ada diatas dan biasanya peserta tidak membaca perintah tersebut.
7.       Kereta Api Uap
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
10 - 15 menit
Out Door Games
15 atau lebih
Bambu / Tongkat, Tali
Ini adalah untuk saling berlomba antar regu. Peserta Berjajar Membentuk Barisan Panjang masing-masing 5 orang. Bagian kaki kiri dan kanan peserta Disatukan dengan tongkat/bamboo kemudian ditali/ mereka harus berlari menuju garis finis untuk mencapai bendera dengan langkah yang sama layaknya kereta api uap jaman dulu… siapa yang kompak dan cepat itulah kelompok yang menang.

0 komentar:

Posting Komentar