Bobot | : | 3 SKS |
Kelompok MK | : | MKB |
Fak/Jur | : | Tarbiyah |
Kompetensi Mata Kuliah | : | Mengambil nilai-nilai positif dari berbagai sistem pendidikan diberbagai negara dalam rangka perbaikan sistem pendidikan nasional di Indonesia. |
Dosen | : | |
Contac Person | : | |
Web Site | : | |
=======================================================================
A. Materi
- Prawacana; Pengertian, Tujuan, Obyek dan ruang lingkup Perbandingan Pendidikan
- Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah Pendidikan,Pendidikan Nasional dan Pendidikan Internasional
- Sistem perbandingan macam-macam strategi dan macam-macam pola pengembangan kurikulum
- Perbandingan berbagai aliran dan macam-macam ideologi dalam pendidikan
- Pemetaan konsep perbandingan geopolitik, sosial budaya dam ekonomi negara-negara maju dan negara berkembang
- Komparasi Problema pendidikan di negara maju (Barat) dan negara berkembang (Islam)
- Sistem Pendidikan di negara Amerika (Amerika Serikat & Amerika Latin) dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda )
- Sistem pendidikan di negara Australia, Rusia dan Jepang
- Sistem Pendidikan di Afrika (negara Afrika Utara,Afrika Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi,Iran, Sudan dan Turki)
10. Sistem pendidkan di negara Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko dll)
11. Sistem pendidikan negara-negara ASEAN (Malaysia,Filipina, Singapura dan Brunai Darussalam)
- Sitem pendidikan di Indonesia dan Upaya Membangun pendidikan nasioal yang berkualitas
B. Pedoman akademik
- Bobot mata kuliah = 3 sks
- Sks = 50 ’ TaMu+60’ TT + 60 ’ TM/Minggu
- 3 Skd = 3 x (50’+60=60) /Minggu
- = 3 x170 ‘ /minggu = 510 ‘/minggu = 7,5 Jam/minggu
- Dalam kuliah ini diwajibkan setiap mahasiswa memiliki waktu 7,5 jam perminggu dalam mempelajari dan mengkaji substansi materi kurikulum mata kuliah perbandingan pendidikan.
C. Tugas kelompok :
- Membuat peta konsep/draft/makalah presentasi dengan format tema sesuai daftar bab diatas
- Per kelompok terdiri atas 3-4 org, tetapi masing-masing membuat sendiri konsep dalam presentasinya.
- Dikumpulkan pada pertemuan ke-4 atau minggu pertama bulan Oktober
- Tugas harus juga dikirm melalui internet
- Tugas dipresentasikan di depan kelas secara berurutan
- Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy referensi buku./kitab yang dijadikan rujukan
D. Tugas Mandiri
Ø Membuat makalah tentang perbandingan konsep pemikiran pendidikan 2 (dua) orang tokoh atau lebih dari negara-negara yang berbeda yang ada di dunia.
Ø Tugas dikerjakan secara individu dan mandiri
Ø Makalah diketik spasi tunggal minimal 5 halaman
Ø Dikumpulkan setelah 8 kali pertemuan/waktu UTS
Ø Tulisan juga dikirim melalui internet
E. Penilaian:
Ø Keakuratan isi, analisanya dan kekuatan referensi pada makalah
Ø Keaktifan dan partispasi aktif dalam diskusi perkuliahan
Ø Nilai Qustioner, UTS, UAS dan Nilai Tugas
F. Kepustakaan:
- Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan Islam
- Imam Barnadib, Perbandingan Pendidikan
- JP Sarumpaet, Perbandingan Pendidikan
- Mahmud Yunus, Perbandingan Pendidikan di negara-negara Islam dan Intisari Pendidikan Barat
- M. Said, Pendidikan Abad ke-20 dengan Latar Belakang Kebudayaannya
- William Boyd, The Hystory of Western Education
- James Monroe Hughes, Education in America
- Sarjan Kadir & Umar Maksum, Pendidikan di Negra-negara Sedang Berkembang
- Muller, Education in South East Asia
- At-Tibawi, Islamic Education
- Abdur Rahman al-Nahlawi, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha
- Abd.Rachman Assegaf, Internasionalisasi pendidikan;Sketsa perbandingan pendidikan di negara-negara islam dan barat
- Monika Wizemann, Studi di jerman
- Mukti Ali, Aliran pemikiran Islam di timur tengah
- Ahmad Djaenuri, Pendidikan dan Modernisasi dunia Islam
- Abd Rahman Haji Abdullah, Pemikiran islam di Malaysia,Sejarah dan Aliran
- Chalidjah Hasan Kajian Perbandingan Pendidikan
- Marius B, Jandsen, Jepang Selama dua Abad Perubahan
- M. Atho’ Mudhar, Belajar islam di Amerika
- Ali Saifullah, Pendidikan Internasional dan Adult Education
0 komentar:
Posting Komentar