Rabu, 05 Oktober 2011

Perbandingan Pendidikan


Bobot
:
3 SKS
Kelompok MK
:
MKB
Fak/Jur
:
Tarbiyah
Kompetensi Mata Kuliah
:
Mengambil nilai-nilai positif dari berbagai sistem pendidikan diberbagai negara dalam rangka perbaikan sistem pendidikan nasional di Indonesia.
Dosen
:

Contac Person
:

Web Site
:

=======================================================================
A. Materi
  1. Prawacana; Pengertian, Tujuan, Obyek dan ruang lingkup Perbandingan Pendidikan
  2. Relevansi Perbandingan Pendidikan, Sejarah Pendidikan,Pendidikan Nasional dan Pendidikan Internasional
  3. Sistem perbandingan macam-macam strategi dan macam-macam pola pengembangan kurikulum
  4. Perbandingan berbagai aliran dan macam-macam  ideologi dalam pendidikan
  5. Pemetaan konsep perbandingan  geopolitik, sosial budaya dam ekonomi negara-negara maju dan negara berkembang
  6. Komparasi  Problema  pendidikan di negara  maju (Barat) dan negara berkembang (Islam)
  7. Sistem Pendidikan di negara Amerika (Amerika Serikat & Amerika Latin) dan negara Eropa (Inggris, Prancis, Jerman dan Belanda )
  8. Sistem pendidikan di negara  Australia, Rusia dan Jepang 
  9. Sistem Pendidikan di Afrika (negara Afrika Utara,Afrika Selatan) dan Timur Tengah (Mesir, Arab Saudi,Iran, Sudan dan Turki)
10.    Sistem pendidkan di negara  Asia ( India, Pakistan, Bangladesh, Maroko dll)
11.    Sistem pendidikan negara-negara ASEAN (Malaysia,Filipina, Singapura dan Brunai Darussalam)
  1. Sitem pendidikan di  Indonesia dan Upaya Membangun pendidikan nasioal  yang berkualitas

B.   Pedoman akademik
  • Bobot mata kuliah = 3 sks
  • Sks = 50 ’  TaMu+60’ TT + 60 ’ TM/Minggu
  • 3 Skd      = 3  x  (50’+60=60) /Minggu
    • = 3 x170 ‘ /minggu    =  510 ‘/minggu  =   7,5 Jam/minggu
  • Dalam kuliah ini diwajibkan  setiap mahasiswa memiliki waktu 7,5 jam perminggu dalam  mempelajari dan mengkaji substansi materi kurikulum mata kuliah perbandingan pendidikan.
C. Tugas  kelompok :
  • Membuat peta konsep/draft/makalah presentasi  dengan format  tema sesuai daftar bab diatas
  • Per kelompok terdiri atas 3-4 org, tetapi masing-masing  membuat sendiri konsep dalam presentasinya.
  • Dikumpulkan pada  pertemuan ke-4 atau minggu pertama bulan Oktober
  • Tugas harus juga dikirm melalui internet
  • Tugas dipresentasikan di depan kelas secara berurutan 
  • Pada saat presentasi wajib membawa/fotocopy  referensi  buku./kitab yang dijadikan rujukan

D.  Tugas Mandiri
Ø  Membuat makalah tentang perbandingan konsep pemikiran pendidikan  2 (dua) orang tokoh atau lebih dari negara-negara yang berbeda yang ada di dunia.
Ø  Tugas dikerjakan secara  individu  dan mandiri
Ø  Makalah diketik spasi tunggal minimal 5 halaman
Ø  Dikumpulkan setelah 8 kali pertemuan/waktu UTS
Ø  Tulisan juga dikirim melalui internet

E. Penilaian:
Ø  Keakuratan isi, analisanya dan kekuatan referensi  pada makalah
Ø  Keaktifan dan partispasi aktif dalam diskusi perkuliahan
Ø  Nilai Qustioner, UTS, UAS dan Nilai Tugas

F. Kepustakaan:
  • Ahmad Syalabi, Sejarah Pendidikan Islam
  • Imam Barnadib, Perbandingan Pendidikan
  • JP Sarumpaet, Perbandingan Pendidikan
  • Mahmud Yunus, Perbandingan Pendidikan di negara-negara Islam dan Intisari Pendidikan Barat
  • M. Said, Pendidikan Abad ke-20 dengan Latar Belakang Kebudayaannya
  • William Boyd, The Hystory of Western Education
  • James Monroe Hughes, Education in America
  • Sarjan Kadir & Umar Maksum, Pendidikan di Negra-negara Sedang Berkembang
  • Muller, Education in South East Asia
  • At-Tibawi, Islamic Education
  • Abdur Rahman al-Nahlawi, Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibuha
  • Abd.Rachman Assegaf, Internasionalisasi pendidikan;Sketsa perbandingan pendidikan di negara-negara islam dan barat
  • Monika Wizemann, Studi di jerman
  • Mukti Ali, Aliran pemikiran Islam di timur tengah
  • Ahmad Djaenuri,  Pendidikan dan Modernisasi dunia Islam
  • Abd Rahman Haji Abdullah, Pemikiran islam di Malaysia,Sejarah dan Aliran
  • Chalidjah Hasan Kajian Perbandingan Pendidikan
  • Marius B, Jandsen, Jepang Selama dua Abad Perubahan
  • M. Atho’ Mudhar, Belajar islam di Amerika
  • Ali Saifullah, Pendidikan Internasional dan Adult Education

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar