Minggu, 06 Februari 2011

Aneka Games Untuk Pengajaran dan Pelatihan (Bagian 4)


Supendi
Tel: 081369455445 Email: efendys_1981@yahoo.com
http://gurupintaronline.blogspot.com

1. SEPAK BOLA MINI
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor
15 orang atau lebih
Alat penunjuk bambu atau pena panjang, papan tulis
Pemandu menggambar sebuah lapangan sepak bola di papan tulis. Setelah itu
bagi peserta menjadi dua bagian sebelah kanan dan kiri. Diibaratkan supporter sepak bola, jika pemandu sedang menggiring bola di lapangan a maka supporter b harus memberi semangat dengan memberikan tepuk tangan semeriah mungkin agar bola dapat masuk ke gawang. Begitu juga sebaliknya, dan jika penunjuk berada masuk kegawang maka harus teriak “goool”, jika bola berada dilingkaran tengah maka seluruh peserta harus diam, jika ada yang tepuk tangan maka lawannya harus meneriaki “gooool” dan kedudukan berubah 1-0, atau jika bola sedang dikandang sendiri ternyata memberi tepukan juga diteriaki “gooool” dan kedudukan juga berubah tergantung siapa yang melanggar. Alat penunjuk diibaratkan sebagai arah bola pemandu dapat bermain-main dengan penunjuk di atas lapangan sesuka hati.

2. TEBAK BINATANG
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor
15 orang atau lebih
tidak perlu
Peserta diminta menyebutkan nama-nama binatang yang diinginkan oleh pemandu dengan cepat tidak boleh lewat dari 1 detik, jawaban yang terlalu lambat dianggap gagal. Contoh pemandu sambil berjalan dan memutar-mutar tangan di atas sembari mengucapkan “sebutkan binatang, binatang binatang yang hidup di air !” pemandu dapat menunjuk peserta dengan tiba-tiba dan acak sehingga tidak diduga oleh peserta, seketika saat bertanya tentang binatang yang hidup di air. Dan pemandu berjalan lagi mencari korban berikutnya. Tunjuk secara acak, permainan ini akan sangat menegangkan tapi juga menggelikan, karena peserta akan terkejut tiba-tiba, dan kadang mengucapkan jawaban yang salah, contoh pemandu tiba-tiba bertanya sebutkan binatang yang hidup di udara ! peserta menjawab ikan, dan dst.

3. KELOMPOK KACAU
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
15 - 10 menit
Indoor atau Outdoor
15 orang atau lebih (beberapa kelompok)
kertas perintah
Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, pisahkan dengan jarak yang agak berjauhan. Masing-masing kelompok mendapatkan kertas perintah yang telah disiapkan pemandu (kertas perintah ini berbeda-beda) dan mereka diminta mendiskusikan contoh kertas perintah “silahkan tumpuk kursi yang ada diruangan ini ingat ! jangan bersuara”, “rapikan ruangan ini dalam waktu 2 menit tanpa mengeluarkan suara”. Setelah hitungan ketiga seluruh kelompok harus mengerjakan perintah yagn telah di berikan, dengan beberapa perintah yang berbeda itu maka akan terjadi kekacauan dan masing masing kelompok akan melakukan hal yang saling berlawanan. Pemandu dapat mendamaikan dan mencari pelajaran yang dapat diambil.


4. DO RE MI
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor
8 orang atau lebih
tidak perlu
Peserta maju kedepan ruangan dan berjajar, mereka di urutkan sesuai dengan nada, do, re, mi, fa, sol, la, ti, do. Pemandu menunjuk mereka dan mereka harus mengeluarkan nada sesuai dengan nada mereka masing-masing, pemandu dapat membuat sebuah lagu atau dengan acak. selain do, re, mi juga dapat diganti dengan kata-kata lain.

5. TES INGATAN
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5-10 menit
Indoor
7 orang atau lebih
Cerita 3-5 baris
Susun peserta 1, 2, 4. satu orang peserta sebagai pembawa cerita pertama, yang harus membaca cerita dan menghafalkannya setelah cukup lalu diceritakan kepada dengan berbisik pada 2 orang berikutnya, dan dari dua orang ini masing-masing menceritakan pada dua orang berikutnya juga dengan berbisik. Dalam bercerita jangan sampai terdengar oleh peserta yang lain. Setelah itu dari 4 orang yang terakhir mendapat cerita diminta untuk menceritakan secara keras kepada seluruh peserta sacara bergantian. Peserta yang lain diminta menilai ada perbedaan atau tidak, setelah itu peserta pertama sebagai sumber diminta menceritakan kembali secara keras kepada peserta. Pemandu dapat membuat cerita yang konyol/lucu dan tidak terlalu membuat para pencerita mudah lupa.

6. MENYUSUN PETA
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
10-15 menit
Indoor
5 orang perkelompok
Potongan karton (potong acak), kertas hvs, lem
Setiap kelompok mendapat satu amplop yang berisi potongan karton, mereka harus membentuk potongan karton tersebut menjadi 5 bujur sangkar. Dengan syarat mereka tidak boleh mengeluarkan sepatah katapun, selain itu mereka tidak boleh meminta, mengambil, merebut hanya dibolehkan menerima jika disodorkan atau memberi kepada rekan oleh rekan satu kelompoknya. Jika kelompok telah menyelesaikan tugas maka harus dilem dengan glukol pada kertas kerja. Kelompok yang paling cepat selesai menyusun 5 bujur sangkar yang dianggap menang, setiap 1 kelomok di beri 1 orang hakim yang bertugas mencatat kesalahan, dan pelanggaran yang dilakukan. 

7. KAPAL PECAH
©       Waktu
©       Lokasi
©       Jumlah peserta
©       Peralatan
©       Diskripsi
:
:
:
:
:
5-10 menit
Indoor atau Outdoor
15 orang atau lebih
Koran bekas
Lembaran Koran ibarat pecahan dek kapal, Peserta diminta berdiri bersama di lembar Koran secara bersama. Setelah itu peserta diminta menjawab pertanyaan jika pertanyaan itu dapat terjawab maka 1 peserta bebas ketepi laut atau jika ada dua kelompok maka 2 orang bebas ketepi laut, tapi jika pertanyaan tidak dapat dijawab maka lembaran dek kapal akan disobek separuhnya oleh pemandu hingga lokasi masing-masing dek semakin kecil. Yang dibutuhkan adalah kerjasama. 

0 komentar:

Posting Komentar