Jumat, 21 Januari 2011

Games Pelatihan Indor Out Dor



1. TITANIC GAME
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
Lebih dari 5 orang
tidak perlu
Pemandu menentukan dan menilai dua kelompok yang mudah dikenali, misalnya putra nilainya  Rp. 100,- dan putri nilainya Rp. 200,-.
Peserta membentuk lingkaran dan berjalan berputar sambil menyanyikan lagu The More We’ve Get Together. Ditengah putaran central menyebut suatu harga, misalnya Rp. 500,- maka segera peserta saling bergabung galam kelompok untuk menyusun harga tersebut. misalkan 2 putri + 1 putra atau 1 putri + 3 putra. Bagi yang tidak dapat membentuk kelompok dengan harga tersebut maka personel kelompok bersangkutan gugur dalam game itu. Lagu The More We’ve Get Together.
The More we’ve get together
Together 2 x
The More we’ve get together
The happier will be
All your friends are my friends
And my friend are you friends
The More we’ve get together
The happier will be

2. RUJAKAN
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
15 menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
tidak perlu
Dibuat kesepakatan mengenai rujak model apa. Misalnya rujak terdiri atas nanas, kelapa dan kangkung. Setelah itu dibagi perserta sehingga mereka dapat peran masing-masing misalnya peserta diminta urut untuk menyebut nanas, kelapa dan kangkung secara urut dan itu peran mereka. Seorang central menyebutkan keinginannya untuk makan rujak nana, misalnya. Seketika itu peserta yang mendapat peran nanas akan saling bertukar tempat duduk sedang peserta yang mendapat bagian selain nanas diam. Agar ada peserta yang tidak kebagian kursi, maka jumlah kursi sama dengan jumlah peserta dikurang satu. Maka satu perserta yang tidak kebagian kursi beperan sebagai central. Jika central menyebut rujak campur maka semua peserta saling bertukar tempat.

3. ANGIN BERTIUP
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
tidak perlu
Bentuknya hampir sama dengan rujakan, hanya kelebihan dari Angin Bertiup, central dapat lebih leluasa menyebutkan sesuatu yang berhubungan dengan peserta. Misalnya central menyebut “angin bertiuuuuup”, mereka peserta menjawab “bertiup kemanaaaa?”, central menyebut “bertiup ke peserta yang memakai cincin”. Maka seketika itu peserta yang memakai cincin saling berpinda tempat termasuk central. Jika ada peserta yang memakai cincin tidak berpindah tempat atau tidak kebagian tempat maka dia menggantikan posisi pada central. Jumlah kursi sama dengan rujakan, jumlah peserta –1 (satu).






4. SAMSON DAN DELILAH
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
tidak perlu
Bentuknya hampir seperti suir, permainan jari, dimana ada jari yang menang atas jari lainnya.

Samson menang atas harimau,
Harimau menang atas Delilah
Delilah menang atas Samson

Peran Samson ditunjukkan dengan memperlihatkan otot-otonya selayaknya seorang binaraga dengan suara kekar, sedangkan Delilah ditunjukkan dengan bergaya seorang wanita yang gemulai disertai suara wanita, sedangkan peran harimau ditunjukkan dengan suara auman harimau dengan gaya mau mencakar musuh. Peserta saling berhadapan punggung atau saling membelakangi. Permainan dapat perpeserta atau kelompok. Seandainya perpeserta maka jumlahnya harus genap agar dapat saling berpasangan. Pemandu memberi aba-aba dan pada saat yang bersamaan peserta saling membalik badan dan mengekspresikan diri sebagai Samson atau lainnya dengan tujuan agar dia menang.

5. BUDI-WATI DANCE
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor atau Outdoor
10 orang atau lebih
tidak perlu
Ketika pemandu menyebutkan suatu nama, maka peserta melakukan gerakan yaitu :

Budi goyang pinggul kearah kanan,
Wati goyang pinggul kearah kiri,
Budi goyang pinggul kearah kanan
Ibu goyang pinggul kearah belakang
Bapak goyang pinggul kearah depan,
Wawan goyang pinggul memutar.

Semua peserta berdiri. Pemandu akan memberi aba-aba / nama dengan metode bercerita. Seperti “suatu hari Budi diajak ibu kepasar naik delman…..” ketika pemandu menyebutkan dua nama di atas peserta berekspresi seperti ketentuan di atas.

6. ASOSIASI KATA
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
10 - 15 menit
Indoor atau Outdoor
15 orang atau lebih (Kelipatan lima)
tidak perlu
Peserta dibentuk lingkaran. Dimulai dari center akan menyebutkan suatu kata maka peserta sebelah kanannya akan menyebutkan kata yang mempunyai hubungan kata dengan kata yang disebutkan oleh peserta sebelah kirinya. Kata yang disebut berurutan harus dalam bentuk frase yang berkait (modelnya sama dengan kuis kata berkait di TV). Jika peserta tidak dapat menyebutkan/atau salah maka dia gugur pada babak berikutnya.

7. SATU KEPALA 2 MATA
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
5 menit
Indoor
15 orang atau lebih
tidak perlu
Peserta diminta mendengarkan apa yang pemandu ucapkan, ketika pemandu memerintahkan pegang kepala maka peserta memegang kepala dengan satu tangan (kiri/kana), jika pegang mata maka dengan kedua tangan, hidung dengan satu tangan (kanan/kiri sesuai kesepakatan), jika telinga maka dengan 2 tangan dan mulut dengan satu tangan. Pemandu dapat memberi perintah dengan acak semakin lama semakin cepat, dan beri hukuman bagi peserta yang melakukan kesalahan.

8. GAMBAR BUTA
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan

©      Diskripsi
:
:
:
:

:
10 - 15 menit
Indoor
1 pasang 2 orang.
Spidol/kapur, papan tulis, gambar sederhana, kain penutup mata
1 orang peserta bertugas sebagai pemandu yang memberi aba-aba untuk menggambar, dan peserta ke 2 ditutup dengan kain penutup mata dan harus menggambar di papan tulis dengan spidol/kapur dengan mengikuti perintah dari peserta 1. ada baiknya gambar tidak di ketahui oleh peserta 2, permainan ini semakin seru ketika gambar semakin tidak menentu. Peserta 1 tidak diperkenankan memegang alat tulis ia hanya memberi aba-aba seperti contoh “buat lingkaran, buat garis lurus kekanan, atau naik sedikit jangan dituliskan….dst”. Gambar bisa berupa binatang, mobil atau lainnya yang sederhana semacam seketsa.

9. PROVOKATOR
©      Waktu
©      Lokasi
©      Jumlah peserta
©      Peralatan
©      Diskripsi
:
:
:
:
:
10 - 15 menit
Indoor atau Outdoor
15 orang atau lebih
tidak perlu
Peserta dibentuk lingkaran. Minta satu orang relawan yang akan bertugas mencari sang “provokator”. Ajak relawan disatu tempat tersembunyi hingga tidak melihat aktivitas yang dilakukan peserta yang dilingkaran. Sementara peserta yang dilingkaran membuat kesepakatan siapa yang akan memimpin gerakan mereka. Setelah disepakati satu orang dari mereka maka apa pun yang dilakukan oleh satu orang center tersebut harus diikuti oleh peserta yang lain,. Setelah itu dipanggil satu orang relawan untuk mencari siapa yang menjadi provokator diantara mereka, sang pencari berdiri di tengah lingkaran dan mulai mencari provokator, sang provokator dapat memulai aksinya misalnya provokator garuk-garuk pala maka seluruh peserta mengikuti garuk kepala, dst, game ini akan semakin seru saat sang pencari menunjuk orang yang salah, hendaknya seluruh peserta bekerja sama untuk menutupi siapa provokator yang sesungguhnya, jika provokator dapat ditebak maka gantian ia menjadi center untuk mencari provokator berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar